.

.
"The stars shall fade away, the sun himself grow dim with age, and nature sink in years, but thou shalt flourish in immortal youth."

Friday, November 2, 2012

Pekan Seni Rupa FIB UI "Contempo 2012"




Mungkin banyak dari kita yang belum menyadari betapa seni rupa dan sastra memiliki hubungan yang erat dalam tahap penciptaan suatu karya. Sastra tidak harus melulu disajikan dalam bentuk tulisan saja, namun juga dapat dibantu dengan seni rupa dan sebaliknya, keduanya saling melengkapi.

Hal ini yang ingin disampaikan oleh mahasiswa-mahasiswi yang tergabung dalam BEM FIB UI lewat acara tahunan unggulan mereka, yaitu Pekan Seni Rupa FIB UI “Contempo 2012”. Mengusung tema “Sastra Visual Kontemporer”, acara ini akan diselenggarakan pada tanggal 5 November – 09 November 2012 di Perpustakaan Pusat UI. Rangkaian acara yang ada antara lain adalah pameran, workshop, diskusi, dan juga closing yang menampilkan video mapping pertama di Universitas Indonesia, Depok.

Para peserta pameran akan menunjukkan hasil karya mereka tidak hanya dalam bentuk rupa kontemporer saja namun juga dengan bentuk tulisan sebagai karya pendamping untuk menyempurnakan tema acara yang ada. Selain itu, sesi workshop juga akan mengundang salah satu komunitas paper craft, Peri Indonesia, yang tidak hanya mengajarkan membuat kerajinan kertas ini tetapi juga akan mengajak para peserta untuk praktek langsung di tempat. 

Kemudian akan diselenggarakan juga sebuah diskusi yang mengangkat tema “Ketika Seni Rupa dan Sastra” dengan pembicara Sapardi Djoko Damono (Sastrawan) dan Mulyono (Seniman, Roemah 9a). Lalu juga akan ada bazaar-bazaar komunitas dan dengan penampilan lenggak-lenggok penari Nartana Budaya, alunan musik yang beraneka ragam, dan juga cahaya-cahaya spektakuler video mapping oleh Holution sebagai penutup.

Untuk info lebih lanjut bisa pantau linimasa @Contempo2012 atau @furmagazine ya.
Sampai jumpa!

No comments:

Post a Comment