.

.
"The stars shall fade away, the sun himself grow dim with age, and nature sink in years, but thou shalt flourish in immortal youth."

Sunday, July 15, 2012

Naga Yang Berjalan Di Atas Air




Tentang Film
Film Naga Yang Berjalan Diatas Air merupakan sebuah film feature dokumenter panjang yang kami produksi sebagai bagian dari proses perekaman kronik sejarah sosio-kultural yang ada di Kota Tangerang Selatan. Film ini bercerita tentang kisah seorang penjaga klenteng yang bernama Kang Sui Liong di mana ia hidup selama puluhan tahun di daerah Babakan Pocis, Tangerang Selatan bersama anak istri dan orang-orang sekitarnya. Setiap harinya ia bertemu dengan berbagai macam kalangan baik jemaah klenteng maupun orang-orang yang ingin bersilaturahmi. Film ini berusaha untuk menyampaikan informasi dan sebagai sarana untuk menyembatani kesepahaman bersama akan nilai budaya yang terkandung di dalamnya. Perpaduan sistem religi dan budaya mendapatkan corak akulturatif dan kaya akan ornamentasi. Perpaduan inilah yang menghidupi klenteng dengan latar kultural berdasarkan perpaduan ketiga unsur yakni Betawi, Sunda dan Tionghoa yang lebur secara bersamaan dalam penggalan waktu.

Produksi
Produksi film ini berlangsung selama hampir 3 bulan (akhir November 2011- Februari 2012), melibatkan pegiat film dokumenter dari Forum Lenteng, Jakarta dan Komunitas Djuanda, Ciputat Tangerang Selatan. Proses produksi film ini berlokasi di Klenteng atau Bio Kanti Sara, Babakan Pocis Desa Bhakti Jaya, Kecamatan Setu Kota Tangerang Selatan. Produksi film ini merupakan bagian program up-grading  Akumassa sebagai bentuk peningkatan kapasitas komunitas jejaring Akumassa yang diprakarasai oleh Forum Lenteng. Program Akumassa adalah bagian dari program Forum Lenteng yang memfokuskan diri pada pemberdayaan komunitas-komunitas di berbagai daerah di Indonesia melalui pendekatan media literacy. Program ini telah berjalan selama 3 tahun lebih dan telah melakukan pendampingan kepada 10 komunitas (Jakarta, Ciputat-Tangerang Selatan, Lebak, Cirebon, Padang Panjang, Blora, Surabaya dan Pemenang-Lombok Utara). Aktivitas Akumassa dapat dilihat di www.akumassa.org.

Tentang Penulis
Otty Widasari lahir pada 1973. Ia adalah salah seorang pendiri Forum Lenteng, sebuah komunitas yang fokus pada penelitian dan pengembangan seni video. Sejak tahun 2003 ia aktif memberikan berbagai pendidikan alternatif dalam menggunakan video sebagai media pemberdayaan masyarakat, lewat strategi kolaborasi yang khas, di berbagai daerah di Indonesia. Sejak tahun 2008, ia menjadi Koordinator Program akumassa di Forum Lenteng. Selain menjadi pengajar, ia juga aktif membuat karya video dan film. Ia salah satu dari sedikit seniman yang secara konsisten menggunakan video sebagai ekspresi artistiknya. Tahun 2011 yang lalu ia terlibat dalam pameran di OK. Video - 5th Jakarta International Video Festival. Di tahun yang sama karyanya Rumah juga dipamerkan di Entre Utopia y Distopia-Palestra Asia di Museo Universitario Arte Contemporaneo, Meksiko. Tahun 2008 ia menjadi salah satu finalis Indonesian Art Award 2008, di Galeri Nasional Indonesia. Ia juga aktif dalam dunia film Indonesia. Tahun 2008 ia merupakan salah seorang sutradara yang terlibat dalam proyek film dokumenter 9808 bersama beberapa sutradara kenamaan Indonesia, dan proyek film ini telah diputar di berbagai perhelatan film internasional, antara lain di Rotterdam Film Festival pada tahun 2009 dan di tahun 2010 ia terlibat dalam pameran ID-Contemporary ArtIndonesia di Gallery Kunstraum Kreuzberg/Bethanien, Berlin. Di tahun yang sama, ia juga aktif sebagai pembicara di berbagai perhelatan media baik dalam skala nasional maupun internasional. Tahun 2010 ia menjadi pembicara tamu di Artsonje Center, Korea Selatan, membicarakan tentang perkembangan film dan video di Indonesia setelah Reformasi 1998. Tahun 2011 yang lalu ia menjadi salah satu pembicara dalam forum video internasional, VIDEO VORTEX yang diselenggarakan atas inisiasi Institute of Network Cultures, Belanda.
               

Tim Produksi dan Publikasi
Sutradara: Otty Widasari Berkolaborasi dengan Komunitas Djuanda
Asisten Sutradara: Ray S. Kusuma
Pengarah Kamera: Saiful Anwar
Asisten Pengarah Kamera: Choiril Chodri, Mufti Al umam
Ide Cerita & Periset: Renal Rinoza Kasturi
Penulis Cerita: Otty Widasari
Editor: Mufti Al Umam, Choiril Chodri
Manajer Lokasi: Dwi Anggraini Puspa Ningrum
Keuangan: Jayu Juli Astuti
Publikasi & Distribusi: Rizky Muhammad Zein, Eni Wibowo, Imam FR Kusumaningati, dan Farabi Ferdiansyah
Desain Grafis & Web: Andang Kelana, Riosadja
Database & Dukungan: Tim Redaksi akumassa
Produser: Hafiz
Didukung oleh
FORUM LENTENG | AKUMASSA | KOMUNITAS DJUANDA | GALERITANGSEL.COM
THE FORD FOUNDATION             

Forum Lenteng adalah sebuah lembaga studi media non-profit yang bekerja mengembangkan penggunaan media sebagai alat pembelajaran. Forum ini didirikan oleh seniman, penulis, periset dan mahasiswa komunikasi pada tahun 2003. Kerja Forum Lenteng berupa produksi film dokumenter, film eksperimental, riset sejarah media dan workshop pemberdayaan komunitas di berbagai daerah di Indonesia.
-
Jalan Raya Lenteng Agung No. 34 RT 007/RW 02 Jakarta 12610
T/F: 021 7884 0373
Twitter: @forumlenteng / @akumassa / @jurnalfootage / @dongengrangkas / @visualjalanan
Facebook: /forumlenteng / /akumassa.org / /jurnalfootage / /dongengrangkas.film / /visualjalanan
- – - -
Komunitas Djuanda adalah kelompok studi berwawasan komunitas, egaliter dan kritis. Didirikan pada 17 Oktober 2009 oleh mahasiswa-mahasiswa komunikasi/jurnalistik UIN Syarif Hidayatullah Jakarta di Ciputat, Tangerang Selatan. Komunitas Djuanda fokus dalam pemberdayaan media untuk masyarakat melalui kegiatan-kegiatan diskusi, penelitian, produksi dan diseminasi. Setelah tiga tahun, Komunitas Djuanda telah menghasilkan karya-karya berbasis ‘media’ yang didistribusikan secara mandiri melalui jurnal online Komunitas Djuanda www.galeritangsel.com –jurnal online informasi tentang Kota Tangerang Selatan yang dikelola oleh Komunitas Djuanda yang dibuat berdasarkan kebutuhan masyarakat tentang beragam informasi lokal. Selain itu Komunitas Djuanda juga melakukan kerjasama dengan berbagai komunitas dan lembaga dalam mengembangkan kesadaran pada ‘bermedia yang baik dan sehat’ sebagai bagian dari gerakan bersama dalam bermedia.
-
Jalan Mandor Baret RT 01 RW 07 No. 1 Legoso Pisangan Kec. Ciputat Timur Kota Tangerang Selatan 15149
Twitter: @Kom_Djuanda
Facebook: Komunitas Djuanda

No comments:

Post a Comment