.

.
"The stars shall fade away, the sun himself grow dim with age, and nature sink in years, but thou shalt flourish in immortal youth."

Saturday, October 29, 2011

BEYOND PHOTOGRAPHY | ARTPRENEUR

Oleh: Prilia Herdianty


"This is the big event of photography in Indonesia"
Sore itu dibuka dengan sambutan dari salah satu kurator acara, Jim Supangkat, dalam pembukaan pameran Beyond Photography, sebuah pameran fotografi yang diikuti oleh 77 seniman dan fotografer ternama Indonesia untuk memperingati 30th Anniversary Ciputra Group dan juga ulang tahun Ciputra yang ke-80. Pameran ini berlangsung dari 22 Oktober 2011 hingga 6 November 2011.



“Orang-orang yang terlibat dalam acara ini merupakan artpreneur,” kata Rina Ciputra Sastrawinata, selaku Presiden Direktur Ciputra Artpreneur Center dalam pidato pembukaannya. Artpreneur merupakan sebuah istilah bagi seorang seniman yang juga entrepreneur dengan memberi nilai tambah dari karya yang ia buat. Sehingga karya-karya yang disajikan dalam pameran tersebut tidak hanya dipamerkan saja namun juga diperjualkan sebagai apresiasi dari karya mereka.

Dihadiri langsung oleh Duta Besar Jerman, Dr. Norbert Baas, acara ini dibuka oleh Rina Ciputra dengan cara yang cukup unik, merobek sebuah spanduk dengan membentuk huruf “C A C” dalam ukuran besar.
Pameran ini dikuratori oleh Jim Supangkat dan Asmudjo Jono Irianto.


Salah satu dari fotografer yang terlibat dalam pameran ini adalah Evelyn Pritt. Saya berkesempatan untuk sejenak berbincang untuk bertanya tentang karyanya kali ini.
“untuk karya kali ini bertemakan apa?”
“Untuk kali ini aku ambil tema ombak dan juga perubahan kontur tanah,”
“dapet inspirasi dari mana?”
“Kalo untuk yang kontur tanah ini kebetulan sedang menangani klien dan dia mengeruk pantai tersebut untuk dibangun kembali,”
“Kenapa memilih alam untuk pameran kali ini?”
“memang kebetulan aku lagi projek untuk tema alam sendiri, terutama bentuk kontur bumi sendiri,”

No comments:

Post a Comment