.

.
"The stars shall fade away, the sun himself grow dim with age, and nature sink in years, but thou shalt flourish in immortal youth."

Tuesday, January 8, 2013

FESTIVAL SINEMA PRANCIS 2012



FESTIVAL SINEMA PRANCIS 2012
Festival dan Tur Sinema Prancis di Indonesia


Digagas pada tahun 1996, Festival Sinema Prancis adalah festival sinema asing pertama di Indonesia dan merupakan jembatan penting yang menghubungkan sinema Prancis dengan masyarakat Indonesia. Festival Sinema Prancis mengalami transformasi dalam perjalanannya, sebagai sebuah dinamisasi; membaca perubahan dan perkembangan sinema baik di Prancis maupun Indonesia. Selalu mencari ikatan kuat antara festival dengan publiknya, melakukan dialog dua arah untuk membangun komunikasi yang berkelanjutan.

Dan tahun ini Festival Sinema Prancis menetapkan visinya ; membangun program yang berkelanjutan. Diawali berbagai program sejak awal tahun, bekerjasama dengan berbagai pihak di Indonesia untuk program sinema, program bantuan film, dan sebagainya, hingga menghadirkan program festival yang memberikan warna bagi sinema di Indonesia.

Setelah diselengagrakan di Jakarta dan Bali pada bulan Desember 2012 lalu, Festival Sinema Prancis melakukan turnya di Bandung dari tanggal 14-20 Januari 2013 dengan berbagai macam program menarik.

14 - 17 Januari 2013
Retrospektif Olivier Assayas:
pemutaran film IFI Bandung
Jl. Purnawarman 32Museum KAA Jl. Asia Afrika 65

18 Januari 2013 
Pemutaran 10 film pendek Kompetisi Film Pendek Nasional
Kineruku Jl. Hegarmanah no 52

19 - 20 Januari 2013 
Panorama: Intouchables (The Intouchables), Comme un chef (The chef), Les lyonnais (A gang story), Asterix et Obelix : au service de sa Majesté (Asterix and Obelix : God save Britannia)
Cinema 21 Trans Studio Mall
Jl. Gatot Subroto 289 Bandung



Program utama
Panorama lengkap tentang dunia perfilman Prancis saat ini
Seperti apa dunia perfilman Prancis saat ini?Tahun ini,  Festival Sinema Prancis menawarkan sebuah seleksi film-film terbaru yang belum pernah ditayangkan di Indonesia, terdiri dari berbagai genre film (aksi, thriller, komedi, komedi romantis, drama), bekerja sama dengan Cineplex 21 dan « Rendez-Vous with French Cinema » Singapura.

Panorama lengkap tentang dunia perfilman Prancis kontemporer ini merupakan kesempatan untuk mempersembahkan kepada Anda film-film Prancis terbaik di bioskop Cineplex 21 TSM Bandung

Retrospektif Olivier Assayas: pemutaran film 

Tokoh penting dalam dunia perfilman Prancis, Olivier Assayas telah membuat 14 film panjang, 3 film dokumenter dan 6 film pendek. Karya-karyanya banyak menerima penghargaan di berbagai festival internasional, seperti Mostra de Venise, Golden Globe Award bahkan LAFKA di Los Angeles. Sebelum akhirnya bekerja di belakang kamera, Assayas bertahun-tahun menjadi penulis untuk Cahiers du Cinéma, sebuah majalah film terbaik di Eropa.

Bekerja sama dengan Layar Kita Retrospekif untuk film-film Assayas akan diputar di IFI Bandung tanggal 14, 16, 17 Januari pkl. 17.00 dan Museum Asia Afrika tanggal 15 Januari pkl. 13.00.

Pemutaran 10 film kompetisi film pendek nasional

Sejak tahun 2007, IFI mendukung promosi film-film pendek melalui program bulanan A courts d’écran, dan berharap dapat memberikan dukungan lebih untuk genre film ini guna menemukan bakat-bakat muda baru.

Untuk pertama kalinya, Festival Sinema Prancis mengadakan kompetisi film pendek nasional dengan tujuan menemukan sutradara-sutradara muda Indonesia yang menjanjikan, serta memberikan kesempatan untuk memperkenalkan karya-karya mereka ke khalayak ramai dan 10 film pendek terpilih untuk mengikuti putaran final.

Pengumuman pemenang Kompetisi Film Pendek Nasional Festival Film Prancis 2012 dilangsungkan di Plaza Indonesia XXI pada Senin (10/12). Film pendek berjudul ‘Penghulu’karya Destri Tsurayya, produksi Forum Film Pelajar Bandung, terpilih sebagai pemenang kompetisi untuk kategori pilihan juri. Sebagai hadiahnya, Destri Tsurayya, sang sutradara mendapatkan hadiah berupa perjalanan ke festival film pendek internasional di Clermont-Ferrand, Prancis.
Bekerja sama dengan Kineruku 10 film pendek terpilih akan diputar di Kineruku tanggal 18 Januari pkl 18.30

Program pendamping:

Presentasi spesial dari Campus France: belajar sinema di Prancis 

Campus France adalah sebuah badan yang bekerja untuk mempromosikan pendidikan tinggi Prancis. Dalam rangka Festival Sinema Prancis, Campus France akan memberikan sebuah pengenalan berbagai studi yang berhubungan dengan sinema di Prancis dan memberikan berbagai macam informasi praktis yang berguna (pendaftaran, beasiswa, dll.).

Presentasi Aide aux Cinémas du Monde (program bantuan untuk perfilman dunia)
Aide aux Cinémas du Monde adalah sebuah program bantuan untuk sinema asing yang dikelola oleh Centre National du Cinéma et de l’Image Animé (CNC) dan Institut Français.

Presentasi mengenai program ini bertujuan untuk memperkenalkan secara mendetail fungsi, manfaat dan mekanisme program bantuan dari Prancis ini, yang memberikan kesempatan setiap tahunnya kepada sutradara-sutradara dari seluruh penjuru dunia untuk memanfaatkan bantuan  finansial ini dalam rangka merealisasikan film panjang mereka.

Program ini diselenggarakan tanggal 14 Januari 2013 di IFI Bandung pukul 15.00 sebelum Konfrensi Pers dan Screening “Penghulu” yang akan dihadiri oleh sutradaranya, Destri Tsurayya.

Informasi lebih lanjut :Abu Bukarhasyab – Penanggung Jawab Media IFI BandungP. 421 2417 abu.bukarhasyab@institutfrancais-indonesia.com www.institutfrancais-indonesia.com

www.institutfrancais-indonesia.com/festivalsinemaprancis





No comments:

Post a Comment